Terbangun di Era 40-an

20 10 2010

Di malam hari saat udah mulai ngantuk dan butuh penyegaran agar tetep melek, Mas B nonton siaran TV yang menceritakan soal sejarah Indonesia di jaman 40-50an. Lengkap dengan pemutaran video jaman dulu yang kuning hitam itu..

Dan tiba-tiba Mas F menyeletuk, “Bayangno lek awakmu engkok turu trus tangi moro-moro ndik jaman semene!” (Bayangkan kalo kamu nanti tidur trus bangun tiba-tiba ada di jaman itu!”

Saat pertanyaan itu diarahkan pada saya, langsung saya megap-megap. Bayangan saya adalah “O such a hell! That was war era, Dude!” And I hate war!!

Dan pikiran saya pun langsung menghasilkan imaji-imaji di mana saya harus bangun tidur dengan perasaan takut, nggak aman, tertekan, dan terancam. Setiap hari musik yang kita dengar adalah dentuman meriam, kokangan pistol, suara muntahan bedil. Setiap hari disuguhi drama kematian orang di sana sini yang sayangnya bukan drama, tapi kenyataan. Ouch!

Tapi tiba-tiba Mas F melanjutkan pertanyaannya, “Opo ga sumpek koen moro-moro tangi gag onok BB? Ga onok listrik? Ga onok opo-opo?”

Dan wajah saya pun semakin pucat.. OMG, I don’t know why but that seems a real nightmare for me! Gak ada BB?! Dan meskipun ada masih gak ada sinyal woi!! Bayangkan ae gimana sumpeknya saat kamu bawa BB tapi gak bisa ngapa-ngapain gara-gara gak ada sinyal? Mau mbanting eman mau gak mbanting mangkel. Udah gitu lek gak ada listrik??? Laaa kate ngecase piye pak eee???? Haduh wes pokoke setres mendadak hanya gara-gara sebuah pertanyaan sepele yang menohok.

Yang akhirnya ketika saya pikir-pikirkan lebih jauh, jadi semakin menakutkan. Bayangkan saja: gak bisa BB-an, ga bisa ngecas hp atau laptop, ga bisa internetan, ga bisa pake klik bca, ga bisa ambil atm, ga bisa gesek pas beli-beli sesuatu, ga bisa twitter-an, OMFG!!! Nitemare!!

But wait! Saya jadi sadar betapa saya sangat bergantung pada teknologi. Dan saya seperti sangat berlebihan memikirkan akan mati tanpa adanya hal-hal yang saya sebutkan di atas tadi. Kalau dipikir-pikir, it’s not that bad. Orang-orang di jaman itu toh gak mati gara-gara gak ada BB, gak ada internet, gak ada atm, gak ada listrik. Entah gimana cara mereka hidup saat itu tapi yang pasti mereka juga gak akan teriak-teriak kesel gara-gara listrik mati. Mereka juga gak akan ngeluh bosen gara-gara gak ada yang ngajak ßß♏-an, mention di Twitter, komen di Facebook. Mereka juga gak bingung saat ga ada duit di dompet dan gak ada atm di lokasi terdekat. Cukup ada matahari, bulan, api, kayu, ublik, gundu, tanah, batu, sungai, pohon, sapi, kuda, …… dan hal-hal yang mungkin tak pernah lagi saya tahu karena sudah musnah.

Dan saya jadi merasa amat manja dan ketergantungan…

Posted with WordPress for WhiteNophBerry.


Actions

Information

4 responses

20 10 2010
nengbiker

tenang.. kita juga uda mulai belajar kembali ke jaman ga enak dg mati2nya PLN.

20 10 2010
nophindahoz

jangan2 akhirnya jaman gag enak itu adalah jaman nikmat2nya dunia yaaa

25 10 2010
alfone

mas M kok gak onok??
wak wak wak

26 10 2010
nophindahoz

Loo onok… Mas M ndik sebelahku :LOL:

Leave a Reply

