Malang Dalam Rekaman Roll Film

18 12 2009

Malangku emang semakin terkenal aja. (Oke oke.. aku ngaku bukan anak Malang asli, tapi anak mBatu. Tapi kan tapi kan mBatu termasuk Malang Raya. Jadi gag papa dong kalau aku juga cinta Malang dan merasa ikut memiliki Malang? :D) Kalau dulu yang namanya film itu kalau nggak berlokasi di Jakarta, Bandung, Surabaya, bla bla bla, kota-kota besar di Indonesia pokoknya, sekarang Malang sering kali muncul di film-film tanah air.

Bangga? Pasti lah. Penasaran? Iya juga. Masalahnya aku belum pernah ngeliat secara langsung proses shooting sebuah film. Gimana para pemain siap di posisi masing², para kru siap dengan tugasnya, sang sutradara ada di balik kamera, dan berteriak “yaaaaak….. action!!!” Hohoho.. serasa berada di dunia lain. Pengen ada di sana? Banget! Sapa taw bisa dilirik sutradara ataw produser trus ditawarin jadi apa kek apa kek (seksi konsumsi moro-moro… aaah.. tidaaaarrrghhh!!!).

Trus di mana aja sih lokasi yang pernah direkam di dalam kamera dan kemudian setelah melalui proses pemotongan, penyuntingan, pengeditan (halah podo kabeh) lalu menjadi sebuah film itu? Karena keterbatasan pengalaman saya yang tidak terlalu maniak pilem dan suka pikun, jadi hanya ada dua film yang saya jadikan sumber di sini: PUNK IN LOVE sama ROMEO & JULIET. Kenapah? Karena dua film ini yang i have been watched recently.. hihihi..

• PUNK IN LOVE

Dalam film yang menceritakan tentang perjalanan empat anak punk, Arok (Vino G Bastian), Yoji (Andhika Pratama), Mojo (Yogi Finanda), sama Almira (Aulia Sarah) scene kota Malang cukup banyak ditunjukkan. Cuma sekitar lima belas menit sih empat anak punk ini ditunjukin lagi di Malang, sisanya di Bromo, Blitar, dan lain-lain, yang paling banyak sih Jakarta. Tapi, cukup banyak sudut² kota Malang yang direkam di situ.

Di antaranya:

Sepertinya sih di kawasan Tawangmangu sana deh

Stasiun Kota Lama

Daerah Pasar Tawangmangu

Another scene in Tawangmangu

Pasar Tawangmangu lagi

Daerah Monumen Tugu

Balai Kota

Orang² lagi nongkrong di alun² kota Malang

Gereja di daerah Alun².. lupa namanya... T_T

Stasiun Kota Lama

Ini adalah Gedung FE UM yang disulap jadi Departemen Agama Kabupaten Malang - thanks buat Alfii & Atunngg buat komentarnya yaa🙂

Daerah Brantas

Daerah Brantas Lagi

Kuburan Samaan

Daerah Gadang deh

Ditambah lagi ada bonusnya, si Andhika Pratama itu arek Malang asli lo. Dulu sekolahnya di SMA 8. Temen sekolah seangkatan temen-temen kampusku, sayang sekali bukan temenku😦. Sumpah gara² film ini aku langsung ngefans abis sama Andhika, ngguanteng e!! Ihhiiiirr!!

Nggantengeeeee

• ROMEO & JULIET

Dalam film yang terinspirasi dari kisah nyata dan karya sastra buatan Shakespeare ini, diceritakan tentang dua anak manusia yang saling jatuh cinta. Masalahnya, si cowok adalah Jakmania, pendukung berat Persija Jakarta, sementara si cewek adalah Viking, pendukung berat setia sampai mati kesebelasan Persib Bandung.

Nah, ceritanya nih, antara Jakmania dan Viking tidak bisa saling akur. Pasti gontok-gontokan, musuh besar lah istilahnya, kalau diibaratkan seperti Aremania sama Bonek. Jadi, bisa dianggap, si cewek Viking ini (namanya Desi) adalah Juliet sementara si cowok Jakmania (Rangga) adalah Romeo, dua anak muda yang saling mencintai padahal dari dua keluarga yang saling bermusuhan.

Trus Malang-nya? Jadi, Persib ceritanya main tandang ke Stadion Kanjuruhan di Malang untuk ngelawan Arema (inget kan pertandingan Arema – Persib di Liga Indonesia tahun kemaren?). Nah, momen itu dijadikan kesempatan bagi Desi dan Rangga untuk ketemu dan melepas kangen. Jadi, ada beberapa scene kota Malang juga di sini walaupun cuma dikit, cuma lima belas menit soalnya di film itu.

Di antaranya:

Itu Masjid Sabililah

Ini InsyaAllah rumahe Yuli, konduktor Aremania, di Sumpil

Daerah Sumpil Juga

Stadion Kanjuruhan

Sudut Stadion Kanjuruhan

Sudut Stadion Kanjuruhan

Dan ini sepertinya adalah kamarnya Sam Yuli😀

Plus menunjukkan suasana di stadion dong. AREMA!!

AREMA INDONESIA!! JUARA!!

Yah.. itulah beberapa sudut kota (dan beberapa daerah kabupaten) Malang yang terekam (dan tak pernah mati) [jadi inget lagunya The Upstairs hehehe] dalam roll film yang pastinya bisa diputar diputar dan diputar lagi.

Nah, jadi, kebersihan dan kelestarian lingkungan di Malang (pada khususnya dan Mother Nature pada umumnya) harus tetep dijaga biar keliatan indah terus, mbois terus, dan nggak malu-maluin..😀

Note: All captures are taken from the movies.
blogfest 2009


Actions

Information

18 responses

18 12 2009
Festival Blog – Bloggerngalam « Blognya Sandy

[…] nophindahoz.wordpress.com – Malang Dalam Rekaman Roll Film […]

18 12 2009
Festival Blog – Bloggerngalam « GLobber’s™ - 2 tahun BloggerNgalam (2007-2009)

[…] nophindahoz.wordpress.com – Malang Dalam Rekaman Roll Film […]

20 12 2009
kelirirenk

Wah Malang masuk film… hehehee
Salam kenal, Selamat berkompetisi… Selalu semangaddddd

20 12 2009
nophindahoz

yeap! selamat berkompetisi jugaa!! semangaatth!😀

21 12 2009
muaz

sukses untuk kota kita tercinta

jasa video shooting&photografi professional
melayani videografi shooting dan photografi professional
untuk acara seminar, wedding, meeting, workshop, dll.
di malang dan jawa timur.
hub. 0341-558786, 7746380, 0817.965.1153
kunjungi http://bisnisrumahtangga.com

23 12 2009
Sam Ardi

NOPHINDAHOZ

24 12 2009
nophindahoz

saya sam..😀

26 12 2009
Neko Chan

Haluuuuuuu, wah jadi kepengin nonton filmnya deh Mbak. Tapi kalau dipikir aneh loh. Kan mereka menceritakan tentang punkers Malang en juga Aremania. Harusnya setting filmnya full di Malang gitu. Lebih dapet ‘soul’nya kan.

Jadi inget ama artikelnya Mira Lesmana di Kompas. Dia bilang dia bosen ama setting film Indo yang selalu di Jakarta lagi Jakarta lagi. Begitulah… Ga heran sekarang dia blusukan di Belitong heheheh…

Nice Blog >,<

26 12 2009
nophindahoz

sebenernya yang punk in love itu menceritakan punkers Malang aja, bukan Aremania. Masuk akal sih kalo gag di Malang doang, soalnya pan memang yang diceritakan adalah perjalanan mereka berempat buat tiba tepat waktu di Jakarta… begonoo.. kwkkwkwkw…

trus, yang Romeo & Juliet bukan nyeritain Aremania banget deh! Malah nyeritain The Jak ama Viking kok! Aremania cuma diceritain karena Persib datang ke Malang buat main tandang.. gitu ceritanyaa,,, makanya Malang cuma bentar doang😀

Yep.. lagian masih banyak lokasi keren di Indonesia selain Jakarta.. iya toh? hehehe,..

Makasi udah berkunjung yeeee… aku berkunjung balik.. ternyata bukan blog pribadi ya??

1 04 2011
Alfii

yang di “punk in love’ Itu sebenernya bukan departemen agama kab. malang, tapi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang disulap jadi DEPAG.🙂

1 04 2011
nophindahoz

o begituuu.. baeglaaa.. Akan saya update… makasi yaaa :*

1 04 2011
-rizka-

ooo….pantesan, perasaan depag malang gak gitu bentuk bangunannya soalnya, hehehe

1 04 2011
nophindahoz

iyes.. hehehe :p

1 04 2011
atunngg

Ralat :
untuk film punk in love yg scene di departemen agama malang sebenarnya bertempat di gedung fe um.
😉

1 04 2011
nophindahoz

he eh.. makasih.. bis ini saya update😉

5 07 2011
Frista

like this banget deh ma film nee……selain karena critanya bagus, syutingnya kan di kampusku…hohohoho…
jadi inget waktu tu curi2 lihat proses syuting dari gedung sebelah nya (yang buat adegan bunuh diri vino)……

6 07 2011
nophindahoz

huwehehehe… masih ada aja yang komen di blog lama yaa..
iyaaa.. bagus tuh film emang ^^

8 05 2014
A long

Keren ini! ketepatan saya nyari info beberapa lokasi ndek Malang buat penulisan cerpen. Eaalah, tiba’no Daerah Sungai Brantas to yg rumah-rumahnya klo di waktu malam keliatan seperti susunan block permata, karena cahaya lampunya… Matur Nuwun^^.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: