Facebook Haram = Overgeneralisasi = Lebay Ah!

25 05 2009

Aku heran tiba-tiba saja ada yang memfatwa bahwa sebuah situs jejaring pertemanan, kita sebut saja Facebook, (orang emang Facebook, ehehehe), itu hukumnya haram. Heran banget deh ah, apa coba dasar pemikirannya?

Kalau ditelusuri lagi, sebenarnya apa sih yang membuat Facebook jadi begitu populer? Bisa jadi karena kesimpelan layout-nya yang nggak nyedot bandwitdh, kemudahannya untuk berinteraksi dengan teman (aka saling komen atau saling sapa lewat wall, status, ataupun post), kegampangannya untuk upload foto dan pilihan keamanan foto itu (cuma bisa dilihat oleh teman, atau oleh seluruh dunia), dan kesederhanaannya untuk memposting tulisan, video, ataupun isi blog kita.

Karena banyaknya kemudahan dan fasilitas yang diberikannya, Facebook tentunya langsung jadi tren. Apalagi, yang namanya mencari teman lama, saudara jauh, ataupun mencari kenalan baru – bahkan jodoh – adalah sebuah kesenangan yang tiada tara bagi sebuah makhluk sosial bernama manusia.

Lalu mereka dengan seenaknya memfatwa kalau Facebook haram. Gara² apa sih? Alasannya karena Facebook banyak membawa kerugian? Banyak terjadi perselingkuhan ataupun olok²an di Facebook gitu?

Astaghfirullahaladzim…

Nggak habis pikir aku, itu mah nggak cuma di Facebook kaleee!!

Di mana-mana juga banyak kasus jelek kayak gitu terjadi. Please deh, nggak usah nyalahin Facebook-nya.

From my very humble opinion, hal itu harus dikembalikan lagi ke individunya masing-masing. Awal mula Facebook dibuat adalah untuk memudahkan kita memiliki jaringan teman. Kalaupun akhirnya digunakan untuk hal-hal yang merugikan orang lain, itu mah pure kesalahan yang menggunakannya untuk merugikan orang lain.

Ya sudahlah, anggap aja itu orang adalah orang yang nggak punya kerjaan, atau punya kerjaan tapi ya itu, kerjaannya adalah merugikan orang. Atau anggaplah mereka manusia biasa yang tidak sempurna dan sering kali melakukan kesalahan.

Dan, c’mon, nggak semuanya deh yang kayak gitu, nggak usahlah nutup mata dengan hal-hal baik yang dibawa oleh Facebook.

Karena Facebook, aku bisa ketemu temen-temen lamaku. Temenku baikan lagi ama mantannya (termasuk aku yang udah beberapa saat lamanya nggak sapa²an ama mantan :P), pacarnya temenku dapat tawaran kerja, semua itu juga karena Facebook.

Lalu apakah akhirnya kita harus menutup mata dengan segi positif Facebook dan hanya menyorot kenegatifannya?

☻Facebook bikin orang selingkuh: Ya kalau memang udah niat selingkuh, walau nggak ada Facebook pun akan tetap selingkuh

☻Facebook dijadikan ajang olok² orang lain: Waduh, dari jaman dulu mah udah banyak orang yang ngolok² orang lain, nggak cuma dari Facebook kalee

☻Facebook jadi ajang gosip: Walah, trus gara² ini FB diharamin? Kenapa nggak ngeharamin TV juga aja?

☻dan lain² sebagainya

Doh.. lebay..

Yang bisa kutarik kesimpulannya di sini adalah: overgeneralisasi!

[Last words: Kadang sampai aku merasa yang memfatwa itu sok² taw gitu, sok² ngerti sendiri, orang halal haram kan udah ditetapin di Al-Quran dan Sunnah Nabi gitu yak? Secara mereka juga manusia, bukan orang sempurna, semoga saja masih ingat kalau bisa salah…, as for me, i do too make a lot of mistakes, i’m human]


Actions

Information

14 responses

25 05 2009
Maulidi

Lebih haram kalo nopek sering FB an >:)

25 05 2009
nophindahoz

ohohohoho… gapapa kalo nopek yang sering FB-an karena bisa mendapatkan banyak teman, sapa taw bisa jadi calon jodohnya si kecil di poto itu ahahahahahaha….

26 05 2009
Uyab Xapi

Haram..soale awakmu malah ora kerjo2..

27 05 2009
nophindahoz

serasa menyindir diri sendiriiii…. *siiiiing….*

2 06 2009
avizenazen

encene kiai gendeng

3 06 2009
nophindahoz

hu uw.. teknologi kok gag dimanfaatkan.. bodo banged

3 06 2009
WANDI thok

Sekarang kan sudah dikelarin ama si MU In mbak, nyang diharamken ntu nyang disalahgunaken. Dia sendiri (si MU In) juga punya kok🙄

3 06 2009
WANDI thok

Apdetnya manna jeng?😀

4 06 2009
nophindahoz

yeap² pak, sip.. udah dikelarin masalahnya… masalah penyalahgunaan, itu namanya dosa, biar orang yang menyalahgunaken yang berdosa, jangan menjudge sarananya jadi haram😀. Belum sempet meng-update pak.. bis ini akan saia update, sementara sekarang dari komen dulu🙂. Terima kasi uda ngingetin ya..

5 06 2009
elfaruq

sebenernya, semuanya itu tergantung penggunaannya… kalo bilang facebook haram, maka pisau dan pena misalnya juga haram kan???

semua tergantung si pengguna juga, hukum asalnya kan mubah, yang menjadikannya haram kan penggunaannya. Kita misalkan pisau dan pena, apakah itu haram? Tentu tidak kan? Namun jika pisau itu kita gunakan untuk membunuh orang, dan pena itu kita gunakan untuk memfitnah orang, maka itulah yang diharamkan…

begitu juga dengan facebook, jika penggunaannya dan niatnya sdah gak baik tentunya itu diharamkan, apalagi jika facebook digunakan untuk konten2 berbau pornografi tentunya itulah yang diharamkan..

mungkin gitu sih, salam kenal🙂

5 06 2009
nophindahoz

setuju! *tos elfaruq* ehehehe..
iya, kalau misalnya emang FB haram, berarti piring dan sendok yang dibuat makan babi ya haram. Overgeneralisasi lagi kan akhirnya.😀

Sekarang sih, teteup kembali lagi ke para penggunanya, lebih berhati² menggunakan FB agar tidak terjadi hal² yang merugikan orang lain, biar gag haram hukumnya.

Salam kenal juga🙂

5 06 2009
elfaruq

hehehe:mrgreen:

25 06 2009
yusrialfiansyah

mas mas, mbak mbak, bapak bapak, ibu ibu.. Udah pada liat teks fatwa aslinya gak? kalo belum tau jangan keburu ngejudge dunk. Kalo dah pada baca, pasti semua juga setuju, walaupun memang, tanpa ada fatwa pun kita semua sudah tau hukumnya, but its OK kita hargai dan maklumi karena memang tugas mereka untuk memberi peringatan pada kita. Nah, gak tau kenapa emang yang muncul di berita2 tuh ngambilnya sepotong-sepotong. Jadinya ya gini, kita diadu-domba, saling mencaci sodara sendiri, kalo udah gini yang senang dan ketawa paling keras siapa hayo??

25 06 2009
nophindahoz

bukannya mencaci sih, cuma heran, kan ibaratnya sama dengan mengharamkan pisau yang digunakan membunuh.. tapi itu memang cuma opiniku.. Jadi… komen² di sini juga bisa buat saling mengaca deh.. makasi udah ngingetin😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: