Apa Sih Kerja Editor?

28 04 2009

Saat orang-orang tahu aku sudah mulai kerja, hanya satu hal yang pasti dan bisa ketebak tentang apa yang mereka akan tanyakan. ‘Kerja di mana? Jadi apa?’ Huh, sometimes pertanyaan sepele itu terasa mengganggu. Emang apa sih urusannya kalau aku kerja di tempat A di tempat B? Jadi C jadi D?

Ya tapi memang demi kesopanan, akhirnya pasti aku jawab juga. “Kerja di sebuah situs internet. Jadi editor,” jawabku sambil menyungging senyum.

Reaksinya bermacam-macam. Ada yang menyenangkan macam ‘Wah, keren😀’ sampai yang menjengkelkan dan mak jleb seperti ‘Jadi kamu sekarang kerja di warnet?’ OMG!! Please deh ah, kerja di situs internet nggak sama kali ama kerja di warnet *doh*.

But, sekali lagi, aku cuma bisa senyum, dan menjawab, “Semacam itu deh,” dengan alasan tidak ingin mereka tanya lebih jauh dan macem-macem lagi. Dan ada lagi yang lebih menjengkelkan, kalau aku tega udah kutonjok tuh mukanya. Untung aja pas itu dia nggak di depan mataku, melainkan di depan kompi, jadi aku dan tuh orang menjengkelkan lagi ceting, jadi nggak mungkin kan aku nonjok dia langsung, yang ada tanganku bisa injured gara-gara kurang kerjaan nonjok layar komputer. Waktu aku bilang aku jadi editor, responsnya ‘Oh, cuma ngedit doang.”

Anj***! Wahahaha, maap kelepasan.

C’mon lah, aku nggak pernah memandang rendah pekerjaan seseorang, ya jangan memandang pekerjaanku dengan kata ‘cuma’ dong. Walaupun mungkin nggak ada maksud untuk meremehkan, tapi tetep aja, ‘rasanya’ meremehkan😦 Ya sudahlah, biarkan kafilah menggonggong anjing tetap berlalu, eh kebalik, maksudnya anjing menggonggong, kafilah tetap berlalu.

The best part of it is: I Love My Job! I really enjoy it. Benar kata manajerku, kalau kami (para staf) ini bukan cuma sekedar editor, tapi editor plus karena pekerjaan kami nggak ‘sekedar’ mengedit, done. Nope, still a long way to the word ‘DONE’. Jadi apakah perjalanan panjang itu?

Ada tiga cara berbeda untuk melakukannya:

I. Tipe Pertama

1. Terima berita dari telepon reporter. Tentu aja sambil bikin draft di notepad. (Bagian ini bener2 bikin aku bisa ngetik tanpa ngeliat keyboard! Hore :D)

2. Membuat satu atau beberapa berita dari draft mentah yang biasanya merupakan hasil wawancara dan laporan pandangan mata itu.

3. Memasukkannya ke dalam engine untuk diupload ke situs.

4. Bikin judul yang catchy dan menarik.

5. Spell check! Our big boss said that ‘Typo is our big enemy’ Jadi inilah sebenarnya yang dinamakan mengedit. See, kami melakukan ‘lebih’ daripada mengedit😀

6. Ngasih foto ilustrasi yang pas. Biasanya reporter juga melengkapi laporannya dengan foto, jadi kami kudu mengedit foto itu sehingga pas dengan template yang sudah ditetapkan di situs.

7. Kasih inisial reporter dan inisial kita.

8. Upload.Dan tersajilah beritanya di situs.

II. Tipe Kedua

(ini sebenarnya hampir sama dengan tipe pertama, bedanya cuma perantaranya aja. Kali ini, perantaranya adalah account e-mail)

1. Terima berita reporter dari e-mail.

2. Membuat satu atau beberapa berita dari draft mentah yang biasanya merupakan hasil wawancara dan laporan pandangan mata itu/ merapikan draft yang kadang sudah berbentuk berita jadi.

3. Memasukkannya ke dalam engine untuk diupload ke situs.

4. Bikin judul yang catchy dan menarik.

5. Spell check.

6. Kasih foto ilustrasi.

7. Kasih inisial reporter dan inisial kita.

8. Upload.

III. Tipe Ketiga

(ini yang paling berbeda)

1. Mencari sumber berita dari beberapa tempat.

2. Membuat berita dari situ dengan bahasa yang dipahami oleh user Indonesia.

3. Memasukkannya ke dalam engine untuk diupload ke situs.

4. Bikin judul yang catchy dan menarik.

5. Spell check.

6. Kasih foto ilustrasi.

7. Kasih inisial sumber berita dan inisial kita.

8. Upload. —–And DONE—–

Kabar baiknya, kami nggak cuma melakukan itu😀 Masih ada plus-plus lainnya karena situs kami nggak cuma mengedepankan berita menariknya, namun juga foto-foto yang melimpah dan artikel kerennya (promosi dikit ;)).

Editor di sini juga harus membuat berita foto alias kumpulan foto-foto yang menceritakan tentang kejadian yang dialami selebrita. Membuat artikel menarik yang bisa menambah pengetahuan dan menghibur pembacanya, macam artikel lifestyle, seks, ataupun review film dan musik. Dan tugas-tugas lain seperti seperti cek e-mail, cek SMS, cek Facebook, cek Plurk, cek Twitter, blogging, blogwalking, ngegame, ataupun cari penghasilan sampingan lewat internet hehehe (mulai ngawud nyh wakakakaka).

Ya begitulah… i love writing, i love reading, i love this world, that’s why i love my job😉


Actions

Information

14 responses

30 04 2009
maulidi

Wah…, kayaknya aku gak cocok buat jadi editor.
Aku punya kebiasaan typo :)) bisa dikatakan akut,
bahkan karena kebiasaan ini aku dapat “promosi” jadi mangajer typo =)).

Kalo aku cenderung ke type ketiga, cuma ada beda sedikit,
aku pake bantuan google translate untuk sekedar mengerti inti/ruh sebuah
artikel dari “luar”, selanjutnya mengarang indah ;))

1 05 2009
nophindahoz

mangajer typo — wakakakak komen pun typo!!

nah itulah, lek mengarang indah… kalo salah kata itu yang susah😦

btw, ada loker ga? bwad adikku😉 — japri aja ya jawabannya kekekekeke —

2 05 2009
bazz

Yep, we are the truly knight writer!

*tepuk² pundah nopi*

1 06 2009
nophindahoz

cayyooo!!!😀

19 05 2009
nengbiker

mending lu jelas, editor..
gw? pembantu umum, wakakakakak..segala macem mampir d..

19 05 2009
nophindahoz

ahahahahahaha…. sinih, gw kasih kerjaan baru lagi *pijit² pundakku*😀

1 06 2009
abieza

Keren juga kerjanya, mang situsnya apa, trus dulu kulnya jur apa? dmna?
(kaya wartawan aja model tanya’nya)😛

1 06 2009
nophindahoz

makasiii qiqiqiqi…
kujawab satu² ya *serasa artis :P*
situsnya apa? situsnya coba klik ini deh😀
dulu kulnya jur apa? sampai sekarang juga masi kul ni, gag lulus² huhu,, di sastra inggris
dmna? di Universitas Negeri Malang

kamu sendiri kul di mana? thankz uda mampir ya🙂

1 06 2009
abieza

(woot), kapanlagi ?? keren donk, gmn dulu nglamarnya, trus psyaratannya apa, kantornya dmn ?? dan lagi apa ya??

itu dulu ja wis .. ??

wkwkwkwkwk….😛

1 06 2009
nophindahoz

kikikikikiki… adyuh jadi malu ni.. tersipu²…😛

ngelamarnya biasah, kirim cv, wawancara, ya gitu, sama aja ama nglamar di pabrik sumpit misalnya😀

kantornya di daerah dingin yang deket dengan parkiran banyak mobil deh ehehehe… coba tebak

2 06 2009
abieza

apa yah.. ???

kgak tau nih… wkwkwkwkwkwk..

dapt info lowongan dr mana ??

or tinggal cv aja, trus dipanggil ???😛

21 06 2009
nophindahoz

kikiki.. entar juga taw sendiri:mrgreen:

ya dapet info dari temen² gitu pertamanya… trus alhamdulilah ketrima🙂

18 10 2010
dilla

woow amazing work… hehe.. km tau km orang yang paling beruntung karna mengerjakan pekerjaanmu dengan hobimu…so you will enjoy every detail of your work.. hehe.. bay the way aku jg pgn jadii editoor paling ga nulis tapi ga berani dulu sering nulis tapi ga tau kenapa stop totall hehe…so enjoy your work…

20 10 2010
nophindahoz

i will🙂 tingkyuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: