Miss My Capoeira

3 04 2009

Saat pulang kerja, lalu badan serasa protol semua. Cuapek banget dah! Rasanya saat dipijitin sama bapakku (hehehe.. bapakku yang baik) bener-bener mak nyus. Kakiku serasa ada kayunya di dalamnya, ah.. pokoknya pegal-pegal. Lalu emakku berkata, “Kamu kurang olahraga. Duduk terus kerjanya!”

Benar juga, berangkat kerja nggak pernah jalan juga soalnya dianter adik naik motor. Nyampe kantor langsung duduk manis di depan komputer dan hanya berdiri sejenak saat mau ke toilet (toh akhirnya duduk juga — toilet duduk), mau makan siang (dan duduk lagi di kursi makan), mau solat. Lalu duduk terus sampai pulang kerja, dijemput lagi, nyampe rumah capek, leyeh-leyeh, nonton TV sambil berselimut, mulet-mulet dikit, ganti posisi ke tempat tidur di kamar, cari PW alias posisi wenak, tidur deh. Dan kembali lagi besok pagi berangkat ke kantor lagi. Kapan olahraganya? Paling juga setiap hari aku olahraga jari a.k.a ngetik: baik di komputer ataupun di hape. Hufth…

Padahal aku kadang olahraga juga. Aku juga masih jalan kok pas di kantor, masuk dari gerbang menuju ke tempat duduk manis kan jalan tuh, mau ke toilet juga jalan, mau ke ruang makan juga jalan, trus pas mau pulang juga jalan lagi dari tempat duduk manis ke gerbang, see? Lalu aku kadang juga masih renang. Kadang juga lari, kalau merasa telat ke kantor, jadi lari-lari kecil dari gerbang ke tempat duduk manisku :p.

Tapi aku dulu cukup bugar, aku sempat ikut aerobik dulu. Duluuu banget, sampai aku nggak ingat tahun berapa itu. Lalu aku sempat ikut capoeira. Inilah yang amat aku rindukan sekarang.

Dulu suka lucu aja, saat aku bilang aku harus latihan capoeira yang seminggu dua kali itu, semua mata terbelalak. “Kamu ikut capoeira?!” Lalu yang lebih tidak sopan lagi, mereka malah menertawakan aku. “Masa tubuh kerempeng gitu ikut capoeira! Nggak protol semua tuh tulangmu?!” Anjrit.. hehehe.. belum tahu siapa saya mereka. Kecil-kecil gini kan saya cabe rawit. Mau gua kasih kisada lu? *ngancem mode on*

Kalau diingat-ingat, ternyata udah hampir setahun aku mandeg latihan capoeira. Padahal rasanya bangga banget bisa ikutan martial arts itu. Asik banget lo karena menggabungkan seni menari, musik, dan bela diri jadi satu untuk menunjukkan pertarungan yang benar-benar indah dinikmati. Tubuh, otot, pikiran, dan jiwaku secara utuh selalu terlatih setiap latihan.

Menurut instrukturku saat itu, tahap capoeira memang banyak dan membutuhkan waktu panjang. Dengan jadwal latihan yang dua kali seminggu (Kamis dan Minggu saat itu), aku membutuhkan waktu 6 bulan untuk merampungkan tahap intro. Enam bulan kemudian baru aku bisa menjalani tahap beginner di mana bisa dapat sabuk warna … (aduh, lupa :D). Lalu setelah itu, ikut yang namanya tes tingkatan, trus bisa naik tahap deh..

Benar-benar waktu yang lama, dan sayangnya, aku cuma bisa ikutan latihan selama tiga bulan. Yiah, intro aja belum sampai rampung. Huh! Aku masih baru saja mengenal yang namanya gingga, qisada, amada, dan lain-lainnya yang sayangnya aku lupa huhuhu.. Dan selain gingga yang memang gerakan kuda-kuda paling dasar, aku masih baru benar-benar menguasai gerakan putar kaki untuk menyerang lawan yang namanya QISADA!!! (maap kalo salah ejaan, hehe)

Sampai saat ini, kartuku yang bertuliskan Capoeira Senzala Indonesia, Grupo Mastre Gato, masih tersimpan manis di dalam dompetku. Alasan klasik untuk tidak berlatih lagi, si kambing hitam: kesibukan, selain juga karena barenganku juga sama sibuk kerjanya kek aku, jadi nggak ada teman sama cupunya di tempat latihan sana. Hmm.. kapan ya bisa latihan capoeira lagi… (walaupun harus siap-siap nggak bisa ‘ndodok’ setelah latihan gara2 kaki ‘njarem’ semua hehehe…)


Actions

Information

4 responses

4 04 2009
avizenazen

hikikik kalo ikut fitness kelas malam capek ya
yoga aja..pagi abis bangun tidur

4 04 2009
nophindahoz

aduuh.. gag suka yoga aku… pengen kapuera… kapueraaa.. miss uuu…

6 04 2009
avizenazen

kalo gitu ya kerjanya freelance
kalo gak..nikah ama anak jendral aja hikikik (just kidding)

6 04 2009
nophindahoz

wakakakakaka… enak enak enak… ntar cayku tak sulap dadi anake jendral wes.. kikiki..

Leave a Reply

